Rabu, 21 Maret 2012

Ilmu Budaya Dasar

        Ilmu Budaya Dasar merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menjadi dasar bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya manusia dengan kebudayaannya. Selain manusia yang menjadi dirinya sendiri, manusia juga diharapkan memiliki rasa dan nilai-nilai sebagai manusia yang halus dan berbudaya. IBD ini merupakan pengetahuan yang mendidik untuk mejadikan seseorang sebagai ahli budaya dan sebagai salah satu cara mengembangkan kepribadian seseorang dengan cara memperluas wawasan kemampuan serta kemampaun kritikalnya terhadap nilai nilai budaya yang ada, baik menyangkut orang lain, alam, maupun dirinya sendiri.
        Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar itu sendiri untuk seorang mahasiswa adalah sebagai dasar bagi dirinya sendiri untuk menjadi seorang mahasiswa yang berpikiran luas terhadap manusia lainnya beserta kebudayaan di Indonesia. Dalam hal ini, IBD sebagai pembentuk kepribadian seorang mahasiswa agar lebih mencintai kebudayaannya. Dapat dijadikan pula sebagai tolak ukur sejauh mana pengetahuan kita sebagai mahasiswa yang telah tinggi ilmu sekolahnya mengenai kebudayaan yang sangat beranekaragam ini. Mahasiswa juga sangat berperan aktif dalam pelestarian kebudayaan, karena jiwa muda mereka lah yang dapat membangkitkan semangat para jiwa muda lainnya agar mau mengenali lebih jauh kebudayaan kita dan tidak mudah terpengaruh oleh budaya dari luar, meskipun zaman sekarang budaya dari luar negeri sangat cepat mempengaruhi budaya kita sehingga budaya kita dianggap kolot dan ditinggalkan begitu saja.





1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus